AD (728x60)

Search

Sabtu, 02 Oktober 2010

Bakar Tongkang

Share & Comment
Pembakaran Tongkang atau disebut Go Ge Cap Lak dilaksanakan setiap tanggal 15-16 bulan 5 penanggalan Cina adalah sebagai wujud syukur masyarakat Tiong Hoa kepada Dewa Ki Ong Ya dan Taisun Ong Ya, yang dipercayai oleh mereka telah memberikan keselamatan kepada masyarakat Tiong Hoa di Bagan Siapi-api.

Upacara ini juga merupakan simbol tekad masyarakat Tiong Hoa untuk menjadikan daerah yang ditemukannya sebagai tanah airnya yang baru. Pelaksanaan Upacara Bakar Tongkang khas warga keturunan di Bagan Siapi-api sudah merupakan suatu tradisi sejak tahun 1820, tepatnya hampir 2 abad yang lalu. Rangkaian acara ini dipusatkan di klenteng In Hok Kiong dan Tongkang dibakar di depan Klenteng Yan Sing Tua Jalan Perniagaan Bagan Siapi-api.

Upacara sembahyang ini dimulai dengan melakukan arak-arakan prosesi pembakaran Tongkang atau perahu yang terbuat dari kertas dan dihias indah dengan beberapa buah patung kertas para Taisun Ong Ya. Selain itu dibakar pula ribuan batang Hio dalam berbagai ukuran baik ukuran raksasa maupun yang sedang. Para peserta sembayang bakar tongkang bukan saja berasal dari Bagan Siapi-api akan tetapi juga berasal dari Kota-kota lainnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Acara ini diselingi dengan hiburan seperti Barongsai dan Hiburan Seni Tradisional masyarakat keturunan lainnya
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

1 2 3 4









Recent Posts

Why to Choose RedHood?

Copyright © Edo Tour | Designed by Templateism.com